2003-07 ITB 03 Perkembangan Sains dan Teknologi

Karya Tulis ini untuk Lomba Karangan Ilmiah Tingkat Nasional “ITB 2020”

 

Institut Teknologi Bandung:

Perkembangan Sains dan Teknologi,

dan Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia

( Prediksi dan Visi 2020 )

 

Oleh:

 

Didik Hardiono

Mahasiswa Program Magister STJR-ITB

NIM: 26902019

 

Tahun 2003

 

 

 

 

 

Bagian 3. Perkembangan Sains dan Teknologi

JOHN Naisbit di dalam buku “Megatrends” tahun 1982 meramalkan perubahan perilaku masyarakat dunia menjelang abad 21, yaitu:

Sebelum era 1980-an:        Setelah era 1980-an:

Masyarakat Industri        Masyarakat Informasi

Teknologi Paksa            Hi-tech, hi-tauch

Ekonomi Nasional            Ekonomi Dunia / Internasional

Jangka Pendek            Jangka Panjang

Sentralisasi            Desentralisasi

Bantuan Institusional        Bantuan Diri

Demokrasi Representatif        Demokratif

Hierarki                Jaringan

Utara                Selatan

Salah Satu            Pilihan Berganda

Pada tahun 1990-an, John Naisbit menyebut trend terpenting yang meliputi, yaitu: (1) Booming ekonomi global tahun 1990-an, (2) Renaissance seni, (3) Munculnya sosialisme pasar bebas, (4) Gaya hidup global dan nasionalisme kultural, (5) Penswastaan negara kesejahteraan, (6) Kebangkitan tepi pasific, (7) Dasawarsa kepemimpinan wanita, (8) Abad biologi, (9) Kebangkitan agama milenium baru, (10) Kejayaan individu. Ternyata John Naisbit mengemukakan kembali kebutuhan akan seni dan agama. Karena dengan demikian diharapkan perkembangan sains dan teknologi akan terasa indah karena adanya seni (EQ) –ITB memiliki FSRD– dan bermoral karena agama (SQ).

Makna Sains dan Teknologi

Pada awal tulisan ini telah diuraikan makna sains atau science (ilmu). Sedangkan makna teknologi itu sendiri secara sederhana adalah “segala sesuatu – cara, perangkat-alat, sistem dan lain-lain – sebagai alat bantu untuk memudahkan kehidupan umat manusia”. Pada analisa berikutnya, tulisan ini tidak memuat uraian teknis dan rujukan asing yang kompleks dan berbelit untuk mendefinisikannya. Tulisan ini justru berupaya akan menyederhanakan makna sains dan teknologi.

Sejarah panjang perkembangan sains dan teknologi mencapai puncak pada revolusi industri dan memberikan ekses revolusi sosial di Eropa. Ini membuktikan keterkaitan ilmu teknik dengan ilmu sosial yang kelak melahirkan sosio-teknologi atau sosio-engineering. Jadi untuk menyikapi perkembangan sains dan teknologi, tidak bisa vis a vis hanya mengedepankan sains dan teknologi itu sendiri.

Konsekuensi Perkembangan Sains dan Teknologi

Kemajuan sains dan teknologi sebenarnya tidak harus berindikasi pergerakan semakin cepat, gedung semakin tinggi, eksplorasi semakin dalam, ekspansi bisnis semakin luas dan seterusnya. Jika ide kapitalisme-materialisme ini diterapkan, maka benarlah kata Thomas Hobbes tentang homo homini lupus dan homo homini deo.

Jika Indonesia mengikuti ide kapitalisme-materialisme dan tidak ada kontrol keseimbangan dengan quotient lainnya, maka akan terjadi bencana sosial global. Manusia kehilangan kontrol, mempersulit yang mudah, mempermudah yang sulit. Semuanya serba dibalik atau terbalik atau saling jungkir-balik…

Dari sisi manajemen, sekali lagi Gede Prama mengakui behavior attitude (bukan technical ability) sebagai kunci sukses pribadi maupun organisasi. Ceramah dan tulisan pakar ini sering mengaitkan manajemen dengan hati. Mengacu filosofi Dalai Lama, kebahagiaan dengan amat sangat sederhana, yaitu sleep well, eat well.

Itulah bahagia, sesederhana itu. Jadi, konsekuensi perkembangan dari sains dan teknologi seharusnya menjadikan segala sesuatunya menjadi lebih simple, lebih sederhana… lebih seimbang… mewujudkan kebahagiaan bagi umat manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: