2003-07 ITB 01 Pendahuluan

Karya Tulis ini untuk Lomba Karangan Ilmiah Tingkat Nasional “ITB 2020”

 

Institut Teknologi Bandung:

Perkembangan Sains dan Teknologi,

dan Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia

( Prediksi dan Visi 2020 )

 

Oleh:

 

Didik Hardiono

Mahasiswa Program Magister STJR-ITB

NIM: 26902019

 

Tahun 2003

 

 

 

 

 

Bagian 1. Pendahuluan

PERGURUAN Tinggi Negeri (PTN) dengan status Badan Hukum adalah tanpa preseden dalam sejarah Pendidikan Tinggi di Indonesia. Ini diawali terbitnya PP No. 61/1999: “Penetapan PTN sebagai Badan Hukum”, disusul PP No. 155/2000: “Penetapan Institut Teknologi Bandung menjadi Badan Hukum Milik Negara” (ITB-BHMN 26/12/2000). Menyikapi perubahan itu, ITB menyusun agenda transformasi, yaitu: (1) Transformasi ITB-BHMN 2002–2005, meliputi: Awareness and Interest, Desire, Acceptance, Action; (2) ITB “Research & Development University”: Academic
Excellence
for; Education, Industrial
Relevance, Contribution
of
the
New
Knowledge, Empowerment.

Lomba Karangan Ilmiah Tingkat Nasional: “ITB 2020” adalah sarana tepat untuk mawas diri di era keterbukaan, reformasi dan transformasi. Dari sini diharapkan muncul ide-ide elegant sebagai suplemen pemikiran alternatif ITB terhadap kemandirian dan optimisme bangsa untuk segera melakukan national character building menghadapi Globalisasi 2020.

Pada tulisan ini struktur pembahasannya akan terdiri dari:

Pendahuluan (1) sebagai latar belakang diselenggarakan lomba karya tulis ini menurut pemahaman penulis dan penjelasan pemilihan tema Institut Teknologi Bandung (ITB), Perkembangan Sains dan Teknologi, dan Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia: Prediksi dan Visi 2020; ITB: Institusi Pendidikan dan Agent of Change (2) menelaah peran-fungsi ITB terhadap perubahan sosial masyarakat. Sebagai institusi pendidikan, ITB tidak lepas dari sistem pendidikan nasional (sisdiknas) sehingga tulisan ini membahas Sisdiknas: Hakikat Pendidikan dan Perubahan. Optimalisasi SDM sebagai aktor agent of change dianalisa melalui Menemu-kenali Potensi Manusia; Perkembangan Sains dan Teknologi (3) membahas Makna Sains dan Teknologi dalam posisinya sebagai cabang ilmu pengetahuan. Bab ini mengulas Konsekuensi Perkembangan Sains dan Teknologi; Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia (4) membahas peran sains dan teknologi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. Perubahan sosial diawali Perubahan Individual: Fisik, Intelektual, Emosional, Spiritual. Jika perubahan pribadi menghasilkan individual andal, maka secara simultan membawa dampak positif pada Perubahan Sosial: Teknologi, Industri, Ekonomi, Politik, Kultural; Prediksi dan Visi-Misi ITB 2020 (5) merupakan kesimpulan dari tulisan ini yang merangkum keberadaan institusi ITB dan harapan mengakomodasikan ide-ide pemikiran mulai pengembangan potensi mahasiswa, pemberdayaan sosial masyarakat, dunia industri, otonomi kampus dan daerah, serta yang jauh lebih penting adalah ITB dan NKRI.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: